Efektivitas Guided Discovery Setting Think Pair Share untuk Meningkatkan Prestasi dan Toleransi*
Ezi Apino
Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta
apinoezi@gmail.com
Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan prestasi dan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 MAN Yogyakarta III, DIY dan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan model guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS, (2) terjadi peningkatan toleransi siswa dalam pembelajaran setelah diterapkannya model pembelajaran guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran guided discovery setting pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif untuk meningkatkan prestasi dan toleransi siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: Guided Discovery, Prestasi Belajar, Think Pair Share, Toleransi
*Artikel dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UNS, Surakarta, 16 November 2016
Artikel lengkap dapat didownload di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar