Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi siswa dalam
pembelajaran matematika menggunakan model guided discovery setting pembelajaran
kooperatif tipe TPS pada kelas X MIPA 5 MAN Yogyakarta 3. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana setiap
siklusnya terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (action),
pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa untuk meningkatkan toleransi siswa dalam pembelajaran
matematika menggunakan model pembelajaran guided discovery setting pembelajaran
kooperatif tipe TPS dapat dilakukan dengan cara: (a) pembagian kelompok yang
terdiri dari keragaman tingkat kemampuan akademik, gender, suku, ras, dan
budaya; (b) mendorong setiap siswa untuk mengemukakan pendapat dalam
menyelesaikan masalah, baik secara tertulis maupun lisan; (c) membiasakan siswa
membuat kesepakatan untuk menentukan jawaban/penyelesaian terbaik, apabila
terdapat perbedaan jawaban/penyelesaian dari suatu masalah; dan (d) menyajikan
masalah terbuka yang menuntut beragam cara penyelesaian dan atau beragam
jawaban, agar siswa terbiasa saling berargumen, saling mendiskusikan, saling
memberi dan menerima saran dan kritik, serta saling menghargai satu sama lain.
Artikel lengkap dapat di download di: https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=I3CpvlQAAAAJ&citation_for_view=I3CpvlQAAAAJ:9yKSN-GCB0IC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar