Cari Blog Ini

Minggu, 20 November 2016

Artikel Ilmiah

Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Creative Problem Solving*
Ezi Apino
Pendidikan Matematika S2, Universitas Negeri Yogyakarta
apinoezi@gmail.com


Abstrak—Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh individu sebagaimana disebutkan dalam “21 century skills” yaitu berpikir kreatif. Hal ini sejalan dengan tujuan pembelajaran matematika di Indonesia yang salah satunya mengkehendaki siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif. Dengan demikian berpikir kreatif memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu bersaing di era globalisasi dan modernisasi. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia, khususnya dalam pembelajaran matematika masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika yaitu melalui pembelajaran creative problem solving. Artikel ini akan mengupas apa itu creative problem solving, hubungannya dengan pengembangan kreativitas siswa dan seperti apa pengimplementasiannya dalam pembelajaran matematika.
            Kata kunci: Berpikir Kreatif, Creative Problem Solving
____________________________________________________________________
*Artikel dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, 5 November 2016.
Artikel lengkap dapat didownload melalui link berikut:

Tidak ada komentar: